Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Hipokalemia!


Hipokalemia adalah kondisi yang menggambarkan seseorang yang memiliki kalium terlalu sedikit dalam darahnya. Jika parah, dapat menyebabkan kelemahan otot, yang dapat memiliki banyak konsekuensi kesehatan. Penyebabnya biasanya tubuh seseorang mengeluarkan terlalu banyak potasium.

Hipokalemia selalu merupakan gejala penyakit lain atau efek samping dari obat. Itu bukan penyakit itu sendiri. Oleh karena itu, kondisi yang mendasarinya memerlukan perawatan untuk mengatasi hipokalemia. Seorang profesional medis dapat mendiagnosis hipokalemia dengan mengambil rekam medis seseorang dan melakukan tes.

Seseorang mungkin tidak menyadari hipokalemia ringan. Namun, jika hipokalemia sedang atau berat, individu tersebut kemungkinan memiliki tanda-tanda tidak sehat, misalnya muntah atau diare . Jika seseorang merasa sakit untuk waktu yang lama, mereka harus pergi ke dokter.

Penyebab
Penyebab umum hipokalemia adalah seseorang kehilangan kalium terlalu cepat. Dalam kasus yang jarang, itu bisa terjadi karena seseorang tidak mendapatkan cukup kalium. Seseorang mungkin juga tidak mendapatkan kalium yang cukup jika mereka melakukan diet yang mengandung jumlah yang sangat sedikit. Namun, tidak biasa hal ini menjadi penyebab hipokalemia.

Banyak makanan mengandung kalium, dan ginjal biasanya mampu mengurangi ekskresi kalium jika tubuh tidak mendapatkan cukup.

Seseorang mungkin kehilangan kalium terlalu cepat karena beberapa alasan berbeda. Menurut pembaruan klinis 2018 , ini dapat mencakup:
  • diare persisten
  • muntah yang berkepanjangan
  • masalah ginjal
  • efek samping dari obat diuretik

Hipokalemia juga dapat terjadi ketika ada "pergeseran intraseluler" kalium dalam tubuh, yang menghentikan transmisi kalium yang benar antar sel. Ini dapat terjadi sebagai efek samping dari berbagai obat.

Diagnosa
Anda akan memerlukan tes darah untuk dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki hipokalemia. Dia akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda. Dia ingin tahu apakah Anda pernah mengalami penyakit yang melibatkan muntah atau diare. Dia akan bertanya tentang segala kondisi yang mungkin Anda miliki yang menyebabkannya.

Anda dapat mengambil tes urin sehingga dokter Artria di Klinik dapat mengetahui apakah Anda kehilangan kalium ketika Anda buang air kecil. Karena kalium rendah kadang-kadang dapat mempengaruhi tekanan darah Anda, dokter Anda akan memeriksanya juga. Dia juga mungkin ingin melakukan elektrokardiogram (EKG) jika dia pikir Anda mungkin menderita aritmia. Ini adalah salah satu efek samping yang lebih serius, dan mungkin mengubah cara dokter Anda memilih untuk mengobati masalah tersebut.

Pengobatan
Anda bisa mendapatkan lebih banyak potasium dengan mengonsumsi suplemen . Sebagian besar dari ini dapat Anda ambil melalui mulut . Dalam beberapa kasus, Anda perlu menyuntik kalium dengan IV. Sebagai contoh:
  • Jika tingkat potasium Anda sangat rendah
  • Jika mengonsumsi suplemen tidak meningkatkan kadar kalium Anda
  • Jika kadar kalium rendah Anda menyebabkan irama jantung abnormal

Ketika hipokalemia Anda adalah akibat dari kondisi medis lain, dokter Anda akan membantu Anda mengobatinya. Jika Anda memiliki kalium rendah karena diuretik, ia mungkin melepaskan Anda. Terkadang itu membuat kondisinya hilang.

Selalu periksa dengan dokter Anda sebelum Anda menghentikan obat apa pun. Juga, tanyakan padanya sebelum Anda mengambil suplemen kalium. Ini mungkin menyebabkan terlalu banyak potasium menumpuk dalam sistem Anda, yang dapat menyebabkan hiperkalemia .

Subscribe to receive free email updates: