Risiko dan Penyebab Kanker Laring


Risiko dan penyebab
Risiko Anda terkena kanker tergantung pada banyak hal termasuk usia, genetika, gaya hidup dan faktor lingkungan. Apa pun yang dapat meningkatkan risiko kanker Anda disebut faktor risiko. Kanker laring jarang terjadi di Inggris. Ada beberapa faktor yang Artria ketahui dapat meningkatkan risiko Anda. Memiliki salah satu dari faktor-faktor risiko di bawah ini tidak berarti Anda pasti akan menderita kanker laring.

 Faktor-faktor risiko untuk kanker laring meliputi:

Usia
Seperti kebanyakan kanker, kanker laring lebih sering terjadi pada orang tua daripada orang yang lebih muda. Ada sangat sedikit kasus pada orang di bawah 40 tahun.

Merokok
Saat Anda merokok, ia melewati laring saat menuju paru-paru. Asap ini mengandung bahan kimia berbahaya. Merokok tembakau (rokok, pipa, cerutu) meningkatkan risiko terkena kanker laring. Ini adalah salah satu faktor risiko utama untuk kanker laring di dunia barat. Risiko kanker Anda meningkat semakin lama Anda merokok dan semakin banyak rokok yang dihisap setiap hari. Cari tahu tentang layanan untuk membantu Anda berhenti merokok, Minum alkohol, Minum alkohol meningkatkan risiko kanker laring. Merokok dan minum bersama semakin meningkatkan risiko kanker.

Pedoman UK merekomendasikan tidak lebih dari 14 unit alkohol seminggu untuk pria dan wanita.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa diet rendah buah dan sayuran dapat meningkatkan risiko kanker laring.

HPV adalah singkatan dari human papilloma virus. Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa HPV terkait dengan kanker laring tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.
HPV adalah infeksi umum dan bagi kebanyakan orang itu tidak menyebabkan masalah dan hilang dengan sendirinya.

Sejarah keluarga
Orang-orang yang memiliki kerabat tingkat pertama yang didiagnosis dengan kanker kepala dan leher memiliki peningkatan risiko kanker laring seseorang tanpa riwayat keluarga. Kerabat tingkat pertama adalah orang tua, saudara laki-laki, saudara perempuan, atau anak.

Kekebalan rendah
Sistem kekebalan tubuh Anda melawan infeksi. Beberapa penyakit dan obat-obatan dapat melemahkan sistem kekebalan Anda. Penelitian menunjukkan mungkin ada peningkatan risiko kanker laring jika Anda:

Paparan zat
Beberapa bahan kimia dapat meningkatkan risiko kanker laring. Anda mungkin memiliki peningkatan risiko jika Anda telah terpapar secara teratur selama beberapa tahun ke tingkat tinggi:
  • debu kayu
  • jelaga atau debu batu bara
  • asap cat
  • batubara sebagai sumber bahan bakar
  • Zat kimia dalam zat ini dapat mengiritasi lapisan laring Anda. Jika iritasi ini ada di sekitar Anda, kemungkinan Anda akan bernapas dan menelan sedikit.

Anda juga memiliki risiko lebih tinggi atau kanker laring jika Anda terpapar bahan kimia ini:
  • formaldehida
  • nikel
  • isopropil alkohol
  • kabut asam sulfat
  • asap diesel
  • asbes
  • Tetapi hanya sejumlah kecil kasus kanker laring yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti ini.

Kemungkinan penyebab lainnya
Cerita tentang penyebab potensial seringkali ada di media. Tidak selalu jelas ide mana yang dilaporkan didukung oleh bukti yang baik. Anda mungkin pernah mendengar tentang kemungkinan penyebab yang belum kami sertakan di sini. Ini karena tidak ada bukti yang mendukungnya, atau apa yang ditunjukkan bukti tidak sepenuhnya jelas.

Subscribe to receive free email updates: